Kamis, 27 November 2014

Empat Generasi. Tiga Tahun. Dua Konser. Satu Nama.





Tanggal 27 November 2014, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Negeri Makassar yang lebih dikenal sebagai Pinisi Choir kini beranjak menuju umurnya yang keempat. Perjalanan panjang dan perjuangan yang berat telah banyak dilalui oleh para pendahulu dan penerusnya sehingga sampai saat ini Pinisi Choir masih dapat berlayar dengan kokohnya di tengah-tengah badai rintangan yang menghalangi. Di samping itu, semangat kebersamaan yang menjadi pondasi harmoni dalam berinteraksi maupun bernyanyi masih terlihat jelas dan menggerakkan masyarakat PSM UNM untuk mengadakan sebuah perayaan sederhana dalam rangka menyambut hari lahirnya PSM UNM.

Sejarahnya, paduan suara yang masih muda ini telah dinahkodai oleh 2 pemimpin yang luar biasa. Ketua umum pertama yang juga merupakan salah seorang pendiri PSM UNM adalah Irhas Ardyansyah. Selama masa jabatannya, ketua umum yang akrabnya disapa sebagai 'Kak Irhas' ini berhasil membawa PSM UNM pada debutnya di Bali International Choir Festival. Ketua umum kedua yang dulunya seringkali merangkap sebagai pianis PSM UNM adalah Muslim Tahir. Selama masa jabatannya ia menahkodai Pinisi Choir ke Manado dan meraih sebuah medali emas dalam Asia Pacific Choir Games untuk kategori Scenic Folklore. Tidak kalah dari kedua nahkoda pendahulunya yang 'cetar', Rifqi Mahpul yang kini menjabat sebagai ketua umum periode kepengurusan yang ketiga juga membawa nama baik almamater orange di kompetisi Pesparawi Mahasiswa Nasional XIII di kota Jakarta.

Di balik semua prestasi yang diraih oleh PSM UNM dan nahkodanya, tentu saja ada awak-awak kapal yang dengan gigihnya bekerja keras setiap saat untuk mengembangkan layar. Awak-awak kapal yang sejak Generasi 1 terus berlanjut dan diwariskan kepada Generasi 2 dan masih diteruskan Generasi 3. Bahkan, beberapa hari menjelang umurnya yang ketiga, lembaga paduan suara ini juga telah resmi melantik para peserta Eksplorasi Perekrutan Anggota Baru sebagai anggota muda PSM UNM Generasi 4. Besarnya pengorbanan dan kegigihan generasi 4 yang dimulai dari tahap audisi hingga eksplorasi telah membawa mereka pada keluarga PSM UNM. Dari 108 peserta yang mengikuti tahap audisi, hanya sejumlah 46 orang yang dapat bertahan hingga melolosi tahap eksplorasi perekrutan anggota baru. Setelah tampil di ajang kompetisi dan mengadakan perekrutan, kini PSM UNM akan berfokus untuk menggelar konser yang kedua kalinya.

Pemenuhan kebutuhan untuk pagelaran konser ini sedang berlangsung dan dijalankan oleh tim manajemen dari anggota PSM UNM sendiri. Dalam konser yang kedua ini, PSM UNM akan mempersembahkan sejumlah materi lagu yang baru. Informasi lebih lanjut mengenai konser kedua akan dipublikasi melalui media sosial resmi dari PSM UNM. Untuk kepastiannya, konser akan digelar pada awal tahun 2015.


Generasi 1
Generasi 2
Generasi 3
Generasi 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar